Driver Ojol di Karawang Positif Covid-19 Bertambah Jadi 2 Orang


Karawang - Jumlah pasien positif COVID-19 di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, terus bertambah. Kasus anyar ditemukan lagi seorang driver ojek online (ojol) positif Corona. Hingga kini tercatat dua driver ojol yang positif Corona di Karawang.

"Satu driver ojol tertular di klaster sanggar senam. Satu lagi driver ojol tertular oleh anaknya yang bekerja di salah satu pabrik di Cikarang," kata Plt Kepala Dinkes Karawang Nanik Jodjana saat ditemui di Makodim 0406, Kamis (16/7/2020).

Nanik mengungkapkan driver ojol itu tertular bersama istrinya. Mereka tertular virus dari anaknya, inisial ASB, yang terinfeksi saat bekerja di sebuah pabrik di Cikarang. "Driver ojol, istri dan anaknya kita rawat di RS Paru Jatisari," ujar Nanik.

Namun, kata Nanik, pihaknya belum mengetahui apakah driver itu sempat mengangkut penumpang setelah terjangkit Corona. "Kita belum tahu ya apakah yang bersangkutan sempat narik penumpang atau tidak setelah terinfeksi," ujar Nanik.

Sebelumnya, seorang driver ojol juga dinyatakan positif Corona setelah tertular di sanggar senam Cikampek. Driver itu jadi satu dari delapan pasien positif di klaster sanggar senam tersebut.

Pemkab Karawang saat ini mulai mewaspadai penyebaran Corona di kalangan driver ojol. Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengimbau para driver untuk melakukan protokol kesehatan saat mengangkut penumpang. Ia tak ingin ada penularan Corona antara driver dengan penumpang atau sebaliknya.

"Kami akan mencoba kirim surat ke aplikator supaya menyediakan partisi batas penumpang untuk para driver," kata Cellica.

Plt Kadinkes Karawang Nanik Jodjana mengimbau kepada masyarakat untuk waspada dan menjalankan protokol kesehatan saat menggunakan ojol. "Minimal pakai masker. Kalau driver tak ada partisi pembatas duduknya bisa agak mundur sedikit," ujar Nanik.

Sumber: Berita Karawang